Friday, May 10, 2013

Tips Memilih Mainan Yang Tepat Untuk Anak

Di sebuah pusat perbeIanjaan di Depok, Jawa Barat, sepasang suami istri tengah sibuk memilih mainan untuk anaknya yang balita. Mereka tidak sendiri, seorang pramuniaga membantu mereka menunjukkan bermacam pilihan meski sering kali berujung pada penolakan karena khawatir buah hati tidak akan suka.

Seperti yang dialami orangtua tersebut, mendapatkan mainan yang tepat untuk anak-anak kerap menjadi hal yang sulit. Pertimbangannya bukan cuma soal harga, tetapi yang utama adalah soal keamanan dan apakah anak-anak akan suka dengan mainan tersebut. Untuk menemukan mainan yang tepat, orangtua patut memperhatikan apa yang menjadi kesukaan si buah hati. Misalnya, kalau Mainan untuk Si Buah Hati mereka suka dengan tokoh-tokoh kartun atau pahlawan super, seperti Batman, Spiderman, dan Superman, boneka action figure bisa jadi pilihan yang tepat.

Selain jenis kelamin anak-anak, hal lain yang patut jadi bahan pertimbangan adalah usianya. Mainan dengan fitur yang terlampau rumit tentu tidak akan bisa dimainkan oleh anak-anak yang masih kecil, misalnya di bawah lima tahun. Sementara itu, mainan yang terlampau sederhana saat dioperasikan bisa jadi membosankan untuk anak-anak yang telah beranjak dewasa. Perhatikan pula ukuran mainan. Anak-anak yang usianya masih di bawah lima tahun sering memasukkan segala sesuatu. ke dalam mulutnya. Nah, untuk mereka, ada baiknya Anda memilih mainan yang ukurannya cukup besar agar tidak tertelan.

[caption id="" align="aligncenter" width="446"]tips memilih mainan anak yang tepat ilustrasi tips memilih mainan anak yang tepat[/caption]

Beberapa perusahaan mainan mencantumkan petunjuk untuk usia berapa mainan tersebut diperuntukkan. Oleh karena itu, Anda juga perlu mencermati bermacam petunjuk di kemasan mainan.

Terakhir, kalau memiliki waktu untuk menemani si buah hati bermain dengan teman sebayanya, tak ada salahnya Anda mencermati mainan-mainan yang dimiliki oleh temannya. Pasalnya, anak-anak umumnya meminta sesuatu yang dimiliki oleh teman-temannya. Dengan beberapa tips tersebut semoga Anda tak perlu dipusingkan lagi saat memilih mainanuntuk si buah hati.

Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment