Saturday, May 18, 2013

solusi mata lelah terlalu lama di depan layar monitor komputer

saat ini komputer sudah menjadi barang wajib bagi sebagian dari kita. berjam-jam di depan layar monitor komputer ataupu televisi dapat membuat mata lelah, kering, panas dan terasa pedas. hal ini tentu berbahaya kalau dibiarkan terlalu lama. kesehatan tubuh anda yang lain akan terpengaruh seperti flu, leher pegal-pegal dan lain-lain. mata anda butuh istirahat karena terlalu lelah. untuk menjaga kesehatan mata anda berikut tips-tips untuk anda yang harus bekerja di depan layar monitor dalam jangka waktu yang lama setiap hari.



 


    1. atur jarak antara monitor dan mata, jangan terlalu dekat.



 

  • atur brightnes atau terang layar monitor anda, jangna terlampau terang. atur seredepun mungkin agar mata tidak cepat lelah.


 

 

  • sering-seringlah istirahat. maximal waktu yang diperbolehkan di depan laptop adalah 20 menit. jika anda sudah di depan laptop selama 20 menit, segeralah istirahat sejenak. tidak perlu istirahat terlalu lama, cukup jalan-jalan sebentar, memandang pemandangan luar/objek yang lokasinya jauh tak terhingga agar fokus mata anda berkurang dan otot-ototnya mengendor.


 

 

  • cuci muka atau berwudu dapat menyegarkan mata anda kembali.


 

 

  • jika sudah terlalu lelah/capek jangan dipaksakan. coba istirahat dulu dan kompres mata anda dengan mentimun. caranya:
    bersihkan mentimun dan iris tipis kemudian tempelkan pada kedua mata anda sambil tiduran. usahakan seluruh permukaan mentimun menempel pada seluruh permukaan bagian luar mata agar semua bagian mata terasa dingin. lakukan minimal selama 15 menit. pastikan pisau untuk memotong mentimun bersih, tidak ada sisa-sisa bekas memotong cabai atau bumbu dapur lainnya.


 

 

kompres mentimun untuk mata

 

selamat mencoba, semoga tips-tips di atas bisa membantu anda menjaga kondisi mata agar tidak mudah lelah dan capek.

No comments:

Post a Comment