Tuesday, May 7, 2013

kasiat, fungsi dan manfaat daun sirih untuk kesehatan

tanaman asli indonesia ini memiliki berbagai kasiat, fungsi dan manfaat yang sangat banyak. Diantara kasiat, fungsi dan manfaat daun sirih untuk kesehatan adalah daun sirih untuk obat keputihan, manfaat daun sirih bagi wanita, daun sirih untuk obat gatal dan lain-lain yang akan kita bahas lebih mendalam pada artikel ini.

[sociallocker]tanaman merambat ini dulu digunakan oleh para orang tua untuk mengunyah seperti lazimnya permen karet dizaman sekarang, atau mereka menyebutnya dengan istilah "nginang". ternyata hal tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi, gigi mereka terlihat masih sangat kuat meskipun di usia senja, terlihat masih putih dan tidak keropos.

kandungan daun sirih

daun sirih memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan diantaranya adalah: atsiri, seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak dan kavikol yang mempunyai kekuatan mematikan terhadap kuman penyakit.

beberapa fungsi, manfaat dan khasiat daun sirih

karena kayanya kandungan daun sirih yang mempunyai kekuatan mematikan terhadap kuman, daun sirih banyak dimanfaatkan untuk kesehatan, diantaranya:


    • untuk menghilangkan bau mulut tak sedap
      caranya cukup mudah. rebus beberapa helai daun sirih kemudian saring airnya dan gunakan untuk berkumur-kumur. rasanya tidak pait, jadi tidak perlu takut.



 

  • untuk mengobati mimisan. gulung selembar daun sirih agar minyaknya sedikit keluar. kemudian sumpalkan/sumbatkan pada hidung yang mimisan.


 

 

  • manfaat daun sirih untuk wanita sebagai obat keputihan.
    caranya cukup mudah. rebus 7-10 lembar daun sirih. kemudian saring airnya dan gunakan untuk membersihkan kemaluan secara rutin.


 

 

  • manfaat daun sirih untuk obat batuk


 

 

  • daun sirih untuk obat sariawan


 

 

  • untuk mengobati sakit gigi, demam berdarah


 

 

  • radang tenggorokan, mengobati gusi bengkak


 

 

  • membersihkan mata dan menghilangkan bau ketiak


 

 

  • daun sirih juga berguna untuk mengobati penyakit kulit seperti: eksim, luka bakar, kurap, koreng, bisul dan gatal-gatal pada kulit.


 

Tidak mengherankan tanaman ini banyak dibudidayakan sebagai tanaman obat keluarga karena banyaknya manfaat daun sirih untuk kesehatan, disamping juga mudahnya pembudidayaan daun sirih ini.[/sociallocker]

No comments:

Post a Comment