Monday, June 24, 2013

Pengertian komputer server, apa dan bagaimana membuatnya?

Artikel singkat kali ini akan membahas tentang pengertian komputer server dan seluk beluknya. Sebenarnya apa itu komputer server? sebenarnya pertanyaan yang seharusnya muncul bukan apa itu komputer server melainkan apa itu server?.

[sociallocker]Server sendiri berasal dari bahasa inggris serve yang artinya melayani, jadi server dalam dunia komputer bisa dijabarkan sebagai sebuah komputer atau sistem yang melayani komputer-komputer lainya. Misalnya server ftp maka tugasnya adalah melayani client atau komputer-komputer lain yaitu sebagai tempat penyimpanan file dimana client-clientnya bisa mengakses(mengambil/mengupload) file-file dari/ke komputer server tersebut dengan menggunakan ftp (file transfer protocol). Ada lagi server website, maka fungsinya adalah sebagai media penyimpanan file-file website baik itu script,database,dll dimana nantinya client bisa mengaksesnya melalui protokol http (hyper text transfer protocol). Server website lebih kita kenal dengan nama web hosting.

 

Ada banyak web hosting yang bisa anda gunakan baik yang servernya berada didalam negeri (IIX) atau luar negeri, misalnya hostgator, hawkhost, jogjahost, dll.

 

Anda juga bisa membuat komputer server sendiri pada komputer lokal/laptop anda. Caranya adalah dengan menginstall apache, PHP dan database (bisa menggunakan mysql atau lainya). Jika anda menggunakan windows maka akan lebih mudah lagi, sudah ada software yang membundle ke-3 aplikasi tersebut menjadi satu kesatuan, yaitu wamp atau xamp. wamp dapat anda download gratis, silahkan baca artikel kami sebelumnya yang membahas bagaimana cara install wamp/xamp pada komputer lokal. Jika anda menggunakan linux anda bisa mempelajari tentang LAMP (linux, apache, mysql, php).

 

Demikian semoga artikel ini bermanfaat dan menjawab pertanyaan anda tentang pengertian kopmuter server.[/sociallocker]

No comments:

Post a Comment