Tuesday, June 25, 2013

Kupas Tuntas Sejarah Windows, Raja Sistem Operasi yang Berawal dari Garasi Rumah

Bicara tentang dunia komputer, siapa yang tidak tahu windows dengan segala variannya? Siapa yang tidak tahu windows xp, windows vista atau windows 7? Hampir 70% pengguna komputer di dunia ini memakai windows sebagai sistem operasi mereka. Namun tahukah anda sejarah windows, awal mula mereka berdiri sampai sekarang? Artikel berikut ini akan mengupas habis tentang sejarah dan awal mula berdirinya microsoft windows yang digawangi oleh bill gates.

[sociallocker]Siapa sangka windows yang kini merajai pasar sistem operasi di dunia ternyata berawal hanya dari sebuah garasi kecil di rumah. Anda bisa melihat bagaimana awal mula berdirinya windows ini pada sebuah film dengan judul silicon valley. Film ini mengisahkan perjuangan bill gates dalam mendirikan windows.

 

Windows sendiri merupakan sebuah pengembangan versi GUI (graphical user interface)/antar muka grafis dari ms-dos. Tahu ms-dos kan? coba anda tekan pada keywboard laptop/komputer anda "logo windows+r" kemudian tuliskan "cmd" (tanpa tanda kutip) dan tekan enter. Ya, seperti itulah ms-dos, bahkan lebih tradisional lagi. Artinya pada layar komputer hanya ada layar hitam dan text saja, tidak ada yang lain. Dengan munculnya windows yang dalam bahasa kita artinya jendela-jendela, maka aplikasi yang muncul ditempatkan di masing-masing bingkainya/window.

 

Windows versi yang paling awal adalah versi 1.0 yang dirisil pada tanggal 20 november 1985. Kemudian diikuti versi 2.x yang dirisil pada tanggal 9 desember 1987. Dan selanjutnya adalah versi windows 3.0 pada tahun 1990. Pada windows 3.0 inilah Microsoft Windows baru merasakan puncak kesuksesan dari sistem operasi windows mereka. Pada versi ini windows sudah mampu melakukan multitaskin (menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang sama).

 

Pada akhir tahun 80an windows sempat beralis sementara ke OS/2 karena adanya kerja sama antara microsoft dan IBM. Namun kerjasama ini tidak bertahan lama, mereka pecah dan mengembangkan sistem operasi masing-masing.

 

Kemudian setelah itu muncullah windows versi 3.1 dan NT dimana windows 3.1 untuk pasar rumahan dan windows NT untuk pasar corporate/perusahaan.

 

Pada waktu yang hampir bersamaan microsoft waktu itu juga merilis windows for workgroups yang difungsikan untuk menambah kemampuan jaringan kopmuter.

 

Sampai pada akhirnya munculah windows 95 yang didesain agar memiliki kemampuan multitasking pre-emptive 32 bit.

 

Selanjutnya ada windows 98, windows 2000, windows me (millennium edition), windows xp yang sangat sukses di pasaran bahkan sampai sekarang, windows server 2003 yang dibuat kusus untuk keperluan server, windows vista yang tidak begitu sukses jika dibandingkan dengan pendahulunya windows xp, dan yang terakhir adalah windows 7.

 

Seperti itulah sejarah windows, sistem operasi yang saat ini menguasai hampir 70% pangsa pasar di seluruh dunia.[/sociallocker]

No comments:

Post a Comment