Saturday, June 8, 2013

cara membuat biopori:solusi mencegah banjir

Banjir menjadi momok setelah kemacetan di kota-kota besar seperti jakarta dan surabaya. Sistem drainase yang kurang sempurna, pengaspalan tanpa mempertimbangkan efek kedepan menjadi penyebabnya. sebenranya ada solusi sederhana yang bisa untuk mengatasi/mengurangi banjir ini, yaitu biopori.



[sociallocker]biopori selain digunakan untuk menyerap genangan air hujan juga menjadikan tanah di sekitarnya menjadi subur. air hujan yang diserapnya pun nantinya akan menjadi air tanah yang bisa untuk di konsumsi. pembuatanya cukup mudah.

 

lubangi tanah dengan diameter 10cm sedalam 1 meter. isi lubang tersebut dengan ranting-ranting kecil atau daun-daunan. kemudian tutup permukaanya dengan kawat kasa. untuk memperkuat lubang di permukaan bisa di semen. jarak antar biopori 3-5 meter. tanam pepohonan di sekitarnya agar kerja biopori lebih efektif lagi.

 

sebenarnya biopori ini bisa sangat efektif mengurangi genangan air di jalanan. namun permasalahanya kita sebagai rakyat biasa tidak punya hak untuk membuat lubang biopori di sepanjang jalan yang dikelola oleh pemerintah. semoga saja pemerintah atau instansi terkaik segera berperan aktif untuk membuat biopori ini di sepanjang jalan yang menjadi wilayah kerja mereka. dan sebagai langkah awal kita bisa membuat lubang biopori ini di sekitaran rumah kita. bayangkan jika tiap rumah sudah membuat beberapa lubang biopori ini. jika satu rw saja semua kk membuat lubang biopori di rumah masing-masing insya Allah tanah di rw tersebut bisa subur dan mungkin juga bisa terhindar dari genangan air jika hujan turun.[/sociallocker]

No comments:

Post a Comment