Tuesday, September 17, 2013

lebih detail tentang wabah serangga tomcat: cara mengatasi dan membasminya

wabah serangga tomcat mulai menyebar dari daerah surabaya, menyebabkan sakit kulit gatal, melepuh dan panas mirip seperti herpes

artikelid.com - akhir-akhir ini di indonesia sedang dihebohkan oleh mewabahnya serangga tomcat yang menyerang warga di surabaya, bahkan kini kabarnya serangga ini sudah menyerang daerah lain sampai ke daerah jawa barat. apa sebenarnya serangga tomcat ini? penyakit apa yang ditimbulkan dan bagaimana cara mengatasi populasinya yang semakin meningkat? simak selengkapnya di bawah ini.



tomcat termasuk dalam jenis kumbang/beetle, serangga ini mempunyai nama latin riparius Paederus. racun dari serangga ini 12 kali lebih kuat dari racun ular cobra jika dalam jumlah yang sama. ukuran dari kumbang tomcat ini sekitar 7-8 mm, banyak dikenal juga sebagai semut (ants) atau ants kanai (semut kanai) karena memang bentuknya mirip semut. kumbang ini menganadung racun paederin. dahulu kala, racun dari tomcat yang menyebabkan kulit manusia melepuh ini dimanfaatkan untuk membakar penyakit kutil pada kulit. konsentrasi dari racun tomcat ini 12x lebih tinggi dari racun ular cobra. racun ini dapat bertahan hingga 12 tahun meskipun serangganya sudah mati.

serangga ini sangat suka dengan cahaya malam seperti lampu, sehingga kebanyakan korbannya adalah para pengendara motor di malam hari atau orang-orang yang tidur dengan lampu menyala. pada umumnya tomcat ini menyerang setiap saat tapi puncaknya pada july-september.

berikut adalah gambar dari kumbang atau serangga tomcat beserta kulit yang mendapat serangan dari serangga ini.

gambar wabah serangga tomcat

bagaimana cara mencegah dan mengobati serangga tomcat?

berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah dan mengobati serangga tomcat.

sebagaimana yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa wabah tomcat ini sangat suka sekali dengan cahaya lampu di malam hari. jadi hal pertama yang bisa kita lakukan untuk mencegah datangnya serangga tomcat ini dengan mematikan lampu ketika tidur. hal ini juga sejalan dengan hadits rasulullah ribuan tahun lalu yang menganjurkan untuk mematikan lentera ketika kita tidur.

tutupilah bejana-bejana, tutuplah pintu-pintu dan matikan lentera-lentera, Sesungguhnya tikus kadang menyeret sumbu lentera sehingga membakar penghuni rumah”. hadits riyawat Bukhari.

yang kedua gunakan kain kelambu atau semprotan aerosol untuk mengusir serangga. anda juga bisa membuat sendiri semprotan dari bahan alami (pestisida organik) yaitu campuran dari laos, daun nimba, dan sirih.

jika ada kumbang tomcat yang mendarat di kulit anda, jangan langsung mematikanya karena nanti akan mengeluarkan cairan racunnya. usir/kibaskan serangga dari kulit anda. jika serangga sudah menyerang anda nanti kulit akan merah, perih dan gatal dalam beberapa hari seperti sakit herpes. segera basuh dan bersihkan area kulit yang dihinggapi tomcat dengan air dan sabun, gosok hingga benar-benar bersih. jika reaksi pada kulit muncul, bersihkan dengan mild antiseptic pemanganate diluted potassium (Kmn04) seperti hydrocortisone 1% dan weak steroid creams dan antibiotics seperti neomycin sulfate betametasone 5%. jika yang terkena adalah area mata, segera hubungi dokter anda.

biasanya sakit yang ditimbulkan akan bertahan selama 10 hari sampai 3 minggu tanpa meninggalkan bekas luka. hindari juga sinar matahari agar luka tidak menghitam.

demikian semoga membantu anda yang sedang terserang wabah tomcat. jika ada yang mau menambahkan silahkan melalui kolom komentar di bawah ini.

jika bermanfaat mohon untuk di like atau rate +1 agar yang lainnya juga mengetahui.

terima kasih

No comments:

Post a Comment