Thursday, September 5, 2013

Benarkah kontes Miss World Berdampak Positif Pada Pariwisata? Berikut Data Dan Faktanya!

Akhir-akhir ini di Indonesia sedang hangat-hangatnya memperdebatkan tentang perlu tidaknya diadakan kontes ratu kecantikan sejagat alias miss world, lebih dari itu, perdebatan bahkan mengarah ke dampak baik dan buruh jika kontes kecantikan miss world ini tetap diadakan di Indonesia.

Banyak kalangan terutama dari kalangan muslim yang merupakan mayoritas penduduk Indonesia menolak diadakannya acara di Indonesia, namun ada juga beberapa pihak yang tetap ingin acara ini terselenggara di Indonesia dengan berbagai alasan.

Salah satu alasan dari pihak yang ingin acara ini tetap terselenggara adalah dampak pada dunia wisata di tanah air. Mereka berpendapat dengan diadakannya miss world di Indonesia maka akan ikut mempromosikan Indonesia ke manca negara, dengan begitu maka turis-turis akan berdatangan.

Sedangkan alasan dari pihak-pihak yang menolak diadakannya miss world di Indonesia diantaranya karena kontes ini tidak sesuai dengan budaya ketimuran. Kontes ini menurut mereka sangat merendahkan martabat wanita. Wanita hanya dinilai dari kecantikan dan kemulusan tubuh saja. Wanita hanya dinilai dari keindahan lekuk tubuh saat memakai bikini saja.

Lalu melihat dari alasan dari pihak yang mengatakan kontes miss world akan membawa dampak bagi wisata di Indonesia, benarkah demikian? secara nalar memang begitu, tapi faktanya adalah seperti berikut ini.

Di tahun 2008 dan 2009 Venezuela memenangkan perlombaan Miss World ini, tahukah anda pertumbuhan turis ke negara tersebut setelah memenangkan Miss World?? Keren luar biasa!! pertumbuhan pariwisata negara ini adalah minus 3%.

Tidak hanya Venezuela, mari kita jepang. Jepang memenangkan kontes miss world tahun 2007, berapa pertumbuhan pariwisata jepang setelah memenangkan kontes ini? luar biasa!! hanya nol koma sekian persen saja.

Masih kurangkah data-data tersebut? baiklah mari kita lihat pertumbuhan pariwisata Kanada setelah memenangkan kontes Miss World. Berikut ini adalah data kunjungan turis ke Kanada setelah memenangkan Miss World tahun 2005.

19.145.000 tahun 2004
18.771.000 tahun 2005
18.265.000 tahun 2006
17.935.000 tahun 2007
17.142.000 tahun 2008

Sungguh keren dan luar biasa bukan? pertumbuhan turis Kanda turun dari 18 juta-an menjadi 17 juta-an...

Bagaimana, menurut Anda?

No comments:

Post a Comment