Sunday, March 17, 2013

Persiapan Buah Hati Menjelang Masuk Sekolah Pertama Kali

Selalu ada lompatan besar daiann kehidupan anak-anak, salah satunya bersekolah. Mengingat akan berhadapan dengan lingkungan baru, rasa kawatir mungkin akan muncul dalam diri si buah hati. Untuk membantu mengatasi hal tersebut, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan.



1. Buat masa-masa menjelang hari pertama masuk sekolah menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi si buah hati, misalnya dengan mengajak berbelanja kebutuhan sekolah. Biarkan buah hati memilih perlengkapannya sendiri, seperti tas, sepatu, kotak pensil, dan lain sebagainya. Cara lain, jika memungkinkan, ajak anak-anak melihat lingkungan sekolah agar mereka lebih terbiasa dengan lingkungan barunya nanti. Agar si buah hati lebih siap menghadapi lingkungan barunya, cobalah untuk membuat permainan seolah ia berada di sekolah, beri pengertian tentang hal-hal yang tidak boleh ia lakukan.


2. Kekhawatiran yang muncul dalam diri si buah hati adalah hal yang wajar, mengingat ia akan berhadapan dengan lingkungan baru dan mungkin saja akan merasa sendiri. Untuk itu, beri pengertian kepada anak-anak bahwa apa yang dirasaan adalah hal yang wajar, tetapi tak perlu terlalu takut karena selain ada guru yang akan membantu, aktivitas belajar pun akan diisi dengan hal yang sangat menyenangkan.




[caption id="" align="aligncenter" width="512"]ilustrasi persiapan buah hati masuk sekolah pertama kali ilustrasi persiapan buah hati masuk sekolah pertama kali[/caption]

3. Jika ada kerabat atau kenalan yang anaknya bersekolah di tempat yang sama, Anda bisa mempertemukan keduanya agar nanti saat bersekolah, setidaknya mereka sudah punya kenalan yang bisa diajak bermain. Dengan cara demikian, diharapkan si buah hati akan merasa lebih tenang.


4. Persiapkan semua sejak dini, mulai dari pakaian hingga makanan atau barang-barang lain yang akan dibawa si buah hati. Agar tidak terburu-buru, bangun lebih pagi dan tanamkan sikap positif dan semangat kepada si buah hati.

No comments:

Post a Comment