Wednesday, October 10, 2012

Faktor-Faktor Pemicu Stress Pada Karyawan

Padatnya pekerjaan di kantor membuat karyawan mengalami stres. Everest College's 2012 tentang Work Stress Survey, yang dilakukan Harris Interactive, perusahaan layanan survei untuk bisnis dan karier, mengungkapkan, hampir 73 persen pekerja di AS stres, saat bekerja.


Menurut survei tersebut, setidaknya ada satu atau lebih masalah yang membuat seseorang mengalami stres saat bekerja. Sebanyak 11 persen dari pekerja yang mengikuti survei ini mengatakan, gaji yang kecil menjadi masalah utama mereka.


Problem keuangan ini ternyata dianggap berakibat lebih serius bagi perempuan. Sekitar 14 persen perempuan berpendapat gaji yang kecil ini memengaruhi kehidupan pribadi mereka. Selain gaji rendah, pemicu stres karyawan datang dari adanya rekan kerja yang menjengkelkan, perjalanan ke kantor yang melelahkan, beban kerja yang tinggi, dan bekerja di perusahaan yang tidak sesuai dengan keinginan. Pemicu lain di antaranya ketidak seimbangnya kerja dan kehidupan sosial, kurang kesempatan berkembang, dan atasan yang menjengkelkan.




[caption id="" align="aligncenter" width="480"]gambar karyawan lagi stress ilustrasi faktor-faktor pemicu stress pada karyawan[/caption]

[sociallocker]Penyelenggara survei mengatakan, para karyawan merasa amat prihatin terhadap situasi pekerjaan mereka dibandingkan kondisi ekonomi dan tingkat pengangguran yang masih tinggi. Di samping itu, faktor usia akan memengaruhi tingkat stres karyawan. Semakin tua seseorang, tingkat stres karena pekerjaan akan semakin berkurang.


cewek stress di kantor


Banyaknya faktor penyebab stres dalam pekerjaan ternyata menimbulkan hasil lain yang cukup menarik. Everest College's menerangkan, rasa takut akan kehilangan pekerjaan ternyata menurun signifikan dibandingkan dengan survei sebelumnya.


Tahun lalu, terungkap persentase takut dipecat sebagai faktor utama penyebab stres turun menjadi 4 persen dari 9 persen. Jika perusahaan tidak segera mengubah atmosfer tempat kerja atau membiarkan karyawannya didera stres, bukan tidak mungkin perusahaan akan mengalami kerugian. Stres dapat menurunkan semangat bekerja dan merongrong profesionalisme seorang karyawan. Meski jumlah pencari kerja cukup banyak, perusahaan juga tak mudah menemukan karyawan yang sesuai dengan bidang dan target bisnisnya.


catatan: artikel faktor-faktor pemicu stress pada karyawan ini merupakan kontribusi dari anonymous[/sociallocker]

No comments:

Post a Comment