Tuesday, December 18, 2012

Nilai Tambah Panel pada Desain Taman Minimalis

Desain taman minimalis biasanya banyak diterapkan pada rumah-rumah di daerah perkotaan. Lahan yang semakin mahal menjadikan luas kepemilikan lahan jadi terbatas. Konsep rumah minimalis beserta taman minimalis pun harus dipakai oleh pemilik rumah dan perancang taman untuk mengatasi keterbatasan tersebut. Para pengembang untuk hunian rumah yang harus mengalokasikan sebagian lahan sebagai ruang terbuka hijau pun, mau tidak mau memakai konsep desain taman minimalis. Kita pasti sering melihat taman-taman minimalis yang dibuat oleh pengembang banyak yang tersusun dari panel.

Konsep dasar desain taman minimalis yakni berupa permainan garis dan bidang-bidang persegi baik dengan arah vertikal maupun horizontal. Desainer taman dapat menggunakan bahan-bahan panel untuk menyusun taman minimalis. Cara ini lebih praktis dan mudah. Bentuk panel dapat berupa batu alam, pahatan batu dengan relief, air mancur dll. Pada umumnya, panel yang digunakan oleh para desainer taman minimalis bentuknya sangat sederhana. Desainer menghilangkan pernak-pernik dan  pahatan rumit. Karena pernak-pernik dan pahatan tersebut akan membuat kesan kompleks dan ramai yang akhirnya membuat ketidakharmonian dengan gaya rumah yang minimalis.

[caption id="" align="aligncenter" width="625"]desain taman minimalis desain taman minimalis[/caption]

Kesan desain taman minimalis yakni rapi, sederhana, bersih dan indah. Panel yang berelemen keras tersebut dapat mendukung kesantersebut. Asalkan tidak memakai panel yang ber-relief. Panel yang rata dan polos dapat digunakan ke dalam taman minimalis ini. Penggunaan elemen seperti batu, grass block, paving block sangat cocok untuk elemen taman minimalis.

Di daerah tropis, penggunaan tanaman yang memiliki bentuk-bentuk garis dan bagan sangat sesuai pada desain taman minimalis. Jenis-jenis tanaman seperti palem-paleman, bromelia atau nanas-nanasan, kamboja, adenium dapat mendukung keindahan taman minimalis. Prinsip dasar pemilihan jenis tanaman pada desain taman ini yakni mudah perawatannya, gampang tumbuh, tidak mudah mati. Hindari penggunaan jenis tanaman yang rimbun seperti pohon indah dari jenis-jenis serut, beringin, topiori the-tehan. Jenis tanaman ini malah menghilangkan kesan minimalis. Terkecuali Anda memiliki tukang kebun yang mampu mengurusi tanaman-tanaman ini. Paduan panel dan jenis tanaman yang tepat dapat memberikan nilai tambah yang tinggi pada gaya rumah dan taman minimalis.

No comments:

Post a Comment